jump to navigation

About My City (Liwa)

Gimana yah enaknya jelasin kota kelahiranku itu yah, kotanya tuh jauh banget sama ibu kota propinsi bandar lampung. Tepatnya setengah hari nyampeknya, terus jalan yang harus dilalui tuh masyaallah mbulet banget (hehe bahasa apa itu mbulet=sulit). Kotaku bisa dibilang kota hujan yah, karena hampir tiap hari hujan turun, bahkan kadang ngak kenal namanya kemarau. Dinginnya tuh hiii menggigil banget, kalau habis magrib yang namanya jaket tuh wajib dipakai.

Penduduk aslinya kebanyakan bermata pencarian tani mulai dari bersawah, menanam padi, berkebun (kopi, damar, vanili, lada, sayuran). Liwa merupakan penghasil sayuran terbesar di Lampung, walaupun ini tidak terekspose. Penduduk Liwa umumnya adalah penduduk asli Lampung dan pendatang. Mata pencaharian penduduk Liwa umumnya adalah petani. Penduduk asli lebih banyak menanam kopi atau tanaman perkebunan lainnya, sedangkan hortikultura banyak dibudidayakan oleh masyarakat pendatang.

Bahasa yang digunakan adalah bahasa lampung, bagi anda yang pertama kali kesana akan aneh sekali mendengar bahasa lampung. Penulis saja yang sudah lama tinggal disana cuman sedikit bisa bahasa lampung. Kalau di jawa timur ya mirip bahasa madura gitu lah. cotohnya nih

kamu mau ke pasar = niku aga mit pekon

hii cuman bisa ngasih contoh satu ya soalnya udah banyak lupa.

Untuk tempat pariwisata ini adalah yang paling menarik dari kotaku, walaupun belum terkenal ke seantero negeri ini (indonesia maksudnya). Tapi keindahanya wah perlu di acungi jempol deh, dari wisata hutannya, danau, pantai sampai budayanya. Hii jadi kangen sama kampung halaman yah.

Tuh liat ndiri aja keindahan tempat wisata koe

Krui

Danau Ranau

Comments»

1. toto - May 6, 2010

nyo kabar??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: