jump to navigation

Stop Merokok August 4, 2009

Posted by ikhwaniril in Kesehatan.
trackback
Menghisap rokok merupakan suatu kegiatan yang dapat membahayakan tubuh apabila dilakukan secara terus menerus. Resiko yang dapat timbul beragam. Dari berbagai jenis kanker, penyakit jantung, stroke, gangguan saluran pernapasan, hingga gangguan pada kehamilan.

Image

Apa sih yang dapat membuat penyakit tersebut hinggap di tubuh seseorang? Ternyata kandungan atau bahan-bahan lain yang ditemukan dalam rokoklah penyebabnya. Sebagai contoh, rokok memiliki lebih dari 4000 bahan kimia berbahaya dan 250 diantaranya dapat menyebabkan kanker.

Bagi sebagian besar orang, kegiatan merokok ini sudah menjadi bagian dari hidupnya. Beberapa orang pecandu rokok yang CHIP tanyakan mengaku bahwa mereka mengerti berbahayanya merokok tetapi merasa sulit untuk menghentikan kegiatan ini.

Ada beberapa tips yang dapat CHIP berikan agar Anda berhenti sembuh dari kecanduan merokok, yaitu:

1. Yakinkan diri Anda. Anda harus mampu meyakini diri Anda karena dengan keyakinan yang kuat, semua hal ini pasti dapat berjalan dengan baik.

2. Kurangi jumlah batang rokok yang Anda hisap setiap harinya. Dengan semakin berkurangnya jumlah rokok yang Anda hisap dalam satu hari, maka Anda akan semakin terbiasa dengan jumlah rokok yang semakin sedikit. Semoga dengan berkurangnya jumlah tersebut, Anda juga bisa menghilangkan kebiasaan ini.

3. Buang benda-benda yang ada hubungannya dengan rokok, seperti asbak, korek api, dan tentu rokok.

4. Apabila mulut Anda mulai asam, tidak ada salahnya Anda ganti rokok dengan permen atau permen karet. 5. Kalau Anda benar-benar berniat untuk berhenti merokok, tidak ada salahnya Anda pergi ke dokter dan utarakan maksud Anda tersebut. Pasti Anda akan diberikan beberapa program untuk membantu Anda.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Centers for Disease Control (CDC), antara tahun 1995 dan 1999, perokok dewasa pria rata-rata kehilangan 13.2 tahun dari kehidupannya dan perokok dewasa wanita kehilangan rata-rata 14.5 tahun dari kehidupannya. Oleh karena itu, berhentilah merokok!

%d bloggers like this: