jump to navigation

USB 3 Tingkatkan Kecepatan 10x Lipat March 21, 2009

Posted by ikhwaniril in Komputer.
trackback

Siapkan sabuk pengaman Anda karena Universal Serial Bus atau yang biasa kita sebut USB, sudah siap untuk melaju dengan kecepatan 4.8Gbps, 10x lipat dari sebelumnya setelah beberapa bulan lalu memasuki tahap finalisasi standar akhir. Hal ini berarti segala macam alat yang menggunakan sistem USB, seperti kamera HD menuju hard drive (HD) dan pemutar musik, akan bisa mentransfer musik, video , foto, dan data lainnya dengan jauh lebih cepat.

Standar baru ini merupakan peningkatan pertama dalam 8 tahun terakhir untuk USB di mana selain kecepatan, sistem ini juga menawarkan efisiensi daya yang jauh lebih baik serta kemampuan untuk digunakan pada berbagai macam alat yang lebih bervariasi. Hal ini bisa berarti juga sebagai titik kejatuhan dari standar kompetitor, Fire Wire.

Untuk menggambarkan peningkatan kecepatan ini, kita lihat saja perbandingannya dengan: waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer video high-definition berukuran 27GB atau ukuran standar Blu-ray adalah 10 menit dengan standar USB 2.0. Dengan USB 3.0 hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 menit saja. Menurut wakil presiden pemasaran AMD, Patrick Moorhead, “Apa yang pengguna akan rasakan adalah waktu respon yang jauh lebih cepat, waktu tunggu lebih sedikit, dan produktivitas lebih.

Sebuah grup nirlaba yang didirikan oleh para perusahaan yang mendukung standarisasi USB yaitu Forum USB Implementers telah mengumumkan spesifikasi final USB 3.0 pada hari Senin yang memperjelas proses pengadopsian USB 3.0 oleh berbagai macam alat dan komponen. Menurut Brian O’ Rourke, seorang analis dari perusahaan riset In-Stat, USB 3.0 akan membawa USB 2.0 ke jenjang selanjutnya dalam hal performa dan akan lebih menginvasi berbagai macam alat dari pada sekarang.

Spesifikasi USB yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 sudah mengubah cara kita berinteraksi dengan komputer. USB telah memungkinkan segalanya mulai dari keyboard, mouse, PDA, printer, kamera digital dan pemutar media personal (pada dasarnya berbagai macam produk elektronik konsumen lainnya) terhubung dengan sebuah PC hanya melalui sebuah soket standar tunggal.

USB juga menyederhanakan sebuah proses menjadi plug and play (walaupun terkadang untuk Windows masih plug and pray). Bisa berhubungan dengan berbagai macam alat dan dipisahkan kembali tanpa harus me-reboot komputer dan menawarkan kemudahan seperti mengisi tenaga/baterai melalui soket USB tanpa driver yang harus diinstalasikan terlebih dahulu.

Tidak mengejutkan jika kemudahan dan kemampuan yang ditawarkan oleh USB telah menyebar di mana-mana. Hasil perkiraan In-Stat menunjukkan kalau lebih dari 2,6 milyar alat berbasis USB didistribusikan pada tahun 2007. Dan kebintangan USB akan semakin terus bersinar. Hampir 4 milyar alat yang memiliki USB diperkirakan didistribusikan sampai tahun 2012.

Sekilas USB 3.0
# Kecepatan: 10 kali lebih cepat dari pada USB 2.0 dan 6 kali lebih cepat dari pada FireWire 800
# Efisiensi: Lebih efisien dengan interrupt driven protocol baru yang mengoptimalkan manajemen daya
# Keluaran daya: Keluaran daya yang meningkat dari 100 miliamp ke 900 miliamp, memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat melalui USB
# Konektor dan kabel baru yang masih tetap bisa menjalankan versi USB 2.0

dikutip dari webkecil.com

%d bloggers like this: